Hingga kini, surat resmi masih terus diberlakukan untuk sebuah keperluan. Biasanya penggunaan surat resmi dilakukan oleh sebuah lembaga, instansi, atau perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk saling berkomunikasi dan saling memberitahu.

https://www.suratresmi.net/

Namun dalam surat resmi, jarang ada yang mengetahui terkait dengan apa kelebihannya. Sebab, selama ini surat hanya surat. Tak ada kelebihan atau kekurangan. Padahal jika ditelisik lebih dalam, sebenarnya surat resmi memliki banyak sekali kelebihan.

Contoh surat yang hingga saat ini masih digunakan adalah, surat lamaran kerja, surat penugasan, surat permohonan, hingga surat dinas. Semua surat tersebut merupakan surat resmi yang masih eksis meski era teknologi terus berkembang.

Berikut Kelebihan Surat Resmi

Surat resmi memiliki banyak sekali manfaat. Seperti praktis, ekonomis, dan efektif. Semua hal tersebut didapat saat anda menulis surat resmi.

Praktis

Dalam menulis surat resmi, sudah jelas kepraktisan menjadi sebuah kemampuan dalam memuat berita atau informasi. Sebab, penulis surat bisa menulis apa saja yang ingin disampaikan kepada penerima surat. Maka dari itu, pesan yang ditulis tersebut tidak diketahui oleh orang lain.

Kemudian kepraktisan yang lain adalah, penulis tidak perlu takut jika pesannya dibaca orang lain. Sebab, surat resmi tidak boleh dibaca oleh orang lain selain yang berhak membaca. Sehingga, kerahasiaan pesan menjadi aman.

Efektif

Dengan menggunakan media surat, maka penerima surat akan mendapat informasi yang lengkap, utuh, menyeluruh, dan tidak hilang sedikitpun. Sebab, dengan menggunakan media surat bisa menampung informasi sebanyak-banyaknya. Bahkan tidak perlu disingkat atau menggunakan istilah yang kurang dipahami.

Selain itu, biaya dalam menggunakan surat juga relatif murah. Hal ini yang membuat surat resmi menjadi sangat efektif dengan biaya seminimal mungkin, namun memiliki manfaat yang sangat besar. Salah satu contoh surat adalah surat penugasan.

Ekonomis

Berkomunikasi dengan menggunakan surat sangatlah ekonomis. Hal ini berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan apabila menulis dengan menggunakan surat. Pesan diterima oleh pembaca dengan sangat baik dengan biaya yang sangat murah.

Hal ini sudah jelas sangat nampak apabila dibandingkan dengan menggunakan telepon atau emai. Sebab, keduannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan pastinya akan menguras isi dompet. Sedangkan dengan menggunakan surat, penulis hanya mengeluarkan biaya hanya untuk membeli perangko.

Contoh surat yang ekonomis adalah surat lamaran kerja. Sebab, pelamar hanya tinggal menulis dan membeli perangko saja.